Sorake di Nias Pantainya Penggila Surfing, Walau Ombak Tidak Setinggi Dulu

soramk

Pascastunami Nias belasan tahun lalu, batu karang naik ke darat, air laur bahkan surut hingga 50 meter dari bibir pantai biasanya.

Pantai yang terkenal memiliki ombak hingga 8 meter dan memiliki tingkatan ombak yang tidak banyak dimiliki pantai lain karena bisa memiliki 3-4 tingkatan, kini hanya memiliki tinggi ombak paling tinggi 3-4 meter dan 1-2 tingkatan ombak.

Sebelum tsunami yang terjadi pada 2005, pantai ini dielu-elukan menjadi pantai surfing terbaik setelah pantai di Hawaii. Ketinggian ombak yang mencapai 6-8 meter, menjadi tantangan tersendiri bagi peselancar.

Pantai ini begitu sohor di mata pecinta surfing hingga kerap mempertemukan para surfer taraf internasional. Biasanya peselancar dari mancanegara  berkumpul di pantai Sorake pada April hingga September dan menunggu saat tiba bulan purnama. Di bulan itu, lipatan gelombang mampu mencapai 10 meter dengan 5 tingkatan. Selain itu, panjang daya dorong ombak di kawasan ini nyatanya bisa mencapai 200 meter.

Ama David, penduduk menuturkan pasca tsunami pembangunan kota Nias Selatan cepat berbenah. Bahkan penginapan di pinggir pantai cepat diselesaikan untuk kembali menyambut tamu luar negeri untuk kegiatan surfing di bulan purnama tahun berikutnya pasca tsunami.

Tapi ternyata tsunami mengubah arah ombak yang tinggi, pantai Sorake tidak memiliki ombak dan tingkatan setinggi dulu. Paling tinggi, itupun kalau bulan purnama memang bisa mencapai 5 meter.

sor

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s